Jumat, 26 Agustus 2016

Meenakshi membungkuk rendah, pedang tergengam erat di tangan. Matanya tak berkedip saat ia menghadapi lawannya di tanah berlumpur. Dalam sekejap ia berpindah posisi untuk menyerang, memutar-mutar pedangnya. Terdengar logam beradu keras karena melakukan kontak dengan perisai.
Untunglah kejadian ini hanya peragaan.



Namun video aksi Meenakshi Amma yang memeragakan jurus bela diri dari India, Kalaripayattu, telah diputar ulang lebih dari satu juta lima ratus kali. Diunggah oleh akun India Arising, aksi Meenakshi Amma ini menjai perbincangan netizen India.
Dilansir dari laman The News Minute Jumat, (12/8/2016), kekaguman netizen India berkisar kepada kebugaran tubuhnya dan kemampuannya memainkan jurus Kalaripayattu dengan pedang.
"Gender dan masyarakat sama sekali tidak relevan. Yang penting adalah usia. Semakin awal Anda memulai, semakin mahir Anda," jelasnya.


Meenakshi Amma kini memberi pelatihan kepada sekitar 150 siswa di padepokan Kadathanadan Kalari Sangam, di dusun kecil di Vadakara, dekat Calicut, Kerala. Kepada The News Minute, ia mengaku menikmati kegiatan mengajar.
"Saat ini, selain mengajar, saya berlatih hanya ketika hendak pentas," katanya santai.
Dari Juni hingga September setiap tahun, kelas diadakan tiga kali sehari. Ia mengajar gaya Utara Kalaripayattu, termasuk "uzhichil" atau pijat untuk sakit dan nyeri. Teknik rahasia ini telah turun-temurun diwariskan di padepokan Kerala.
Ketika kelas di padepokan berakhir, Meenakshi beraksi memainkan berbagai jurusnya di depan banyak orang.
Padepokan yang diasuhnya tak membeda-bedakan murid. Lebih dari sepertiga dari siswanya adalah anak perempuan, berusia antara enam puluh enam. Sekolah Meenakshi ini menerima anak-anak dari semua lapisan masyarakat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ADA-ADA SAJA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -